PEMBUKAAN DIKLAT BERJENJANG TENAGA PENDIDIK GURU PAUD

08 May 2018 by 0 Comment Berita Daerah 59 Views

KUALA KAPUAS – Pembukaan  Diklat Berjenjang Tingkat Dasar Bagi Tenaga Pendidik dan Kependidikan PAUD dan Dikmas Kabupaten Kapuas dilaksanakan di Aula Gedung Masjid Al- Mukarram Komplek Islamic Center yang berlokasi di Jalan Tambun Bungai, selasa (8/5) pagi

Drs. Ajang Surahman Direktorat Pembinaan GTK PAUD dan DIKMAS dari Dirjen Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Jakarta membuka secara langsung Diklat Berjenjang Tingkat Dasar bagi Tenaga Pendidik PAUD yang dilaksanakan oleh Ikatan Penilik Indonesia (IPI), Forum Komunikasi PKBM Kabupaten Kapuas yang bekerjasama dengan balai Pelatihan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (BP PAUD dan DIKMAS) Provinsi Kalimantan Tengah.

Dalam kegiatan tersebut Ajang Surahaman menyampaikan dalam sambutannya bahwa pentingnya membenahi pendidikan tingkat PAUD dan memperkuat karakter anak didik sejak usia dini agar mampu bersaing dengan daerah lainnya.

“jangan kaget nanti banyak orang asing yang bekerja di Kapuas kalau kita tidak mempersiapkan tenaga pendidik untuk anak usia dini dengan maksimal, karena pendidikan anak usia dini itu ibaratkan pondasi yang harus dibangun dengan kuat agar mampu mengahadapi tantangan generasi anak cucu kita nanti yang lebih ketat persaingannya,” ungkap Ajang Surahman.

Dalam kegiatan yang sama, Sekretaris Dinas Pendidikan Kapuas Riduanto dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada IPI yang  menjadi motor penggerak terlaksananya kegiatan Diklat tersebut.

“saya mewakili Kepala Dinas Pendidikan Kapuas menyampaikan terimaksih kepada IPI, Forum Komunikasi PKBM Kabupaten Kapuas yang bekerjasama dengan Balai Pelatihan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (BP PAUD dan DIKMAS) Provinsi Kalimantan Tengah yang telah berinisiatif untuk melaksanakan kegiatan seperti ini,” tutur Sekdis Disdik itu.

Dalam kesempatan itu ia juga menyampaikan rasa prihatinnya terhadap tenaga pendidik di Kabupaten Kapuas yang masih harus membenahi metode pembelajarannya,  terutama yang berada di daerah.

“saya berharap dengan terlaksananya kegiatan seperti ini dapat meningkatkan kemampuan guru PAUD terutama yang ada di daerah semoga terus termotivasi agar meningkatkan kapasistas diri dan aktif dalam kegiatan diklat ini,” ujar Riduanto.

Pada kegiatan yang sama, Ketua IPI Kapuas Adi Warman, M.Pd I menyampaikan dalam laporannya bahwa peserta yang mengikuti kegiatan tersebut berjumlah 210 orang..

“kegiatan Diklat ini diikuti oleh 210 peserta yang terdiri dari guru-guru PAUD dan tenaga kependidikan yakni Penilik yang berasal dari 17 Kecamatan di Kabupaten Kapuas,” Jelas Adi.

Selain itu ia juga menyampaikan agar para peserta dapat memahami dan menguasai materi yang disampaikan serta dapat mengembangkan dan membuat tindak lanjutnya.

“kepada seluruh peserta agar dapat mengimplementasikan pemahaman akan materi pada diklat ini agar dapat melaksanakan tugas dengan baik sebagai PNS dan Non PNS, dalam rangka mensukseskan Pendidikan untuk anak usia dini Formal, Non Formal, dan Informal,” ungkapnya.

Dijelaskan lebih lanjut, diklat ini dilaksanakan guna meningkatkan Kemampuan Kompetensi, pengetahuan, keterampilan dan wawasan profesionalisme Tenaga pendidik PAUD dan Penilik PAUD dan DIKMAS khususnya di Kabupaten Kapuas dengan menghadirkan nara sumber dari Dirjen Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Jakarta, BP PAUD dan DIKMAS Propinsi Kalteng, HIMPAUDI Propinsi Kalteng,Dinas Pendidikan Propinsi Kalteng, dan Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas. (hmskmf)

Rate this item
(0 votes)

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.